Kunjungi BWI Pekanbaru, Rotte Foundation Bertekad Jadi Lembaga Kelas Dunia


Pimpinan Lembaga Nazhir Wakaf Uang Yayasan Rotte Indonesia Mulya (Rotte Foundation) H. Budi Suhari, S.Pt, didampingi oleh Commercial and Consumer Funding Unit Head BTN Syariah Irvan Hizbullah mengunjungi Sekretaris BWI Kota Pekanbaru.
Selasa 14 Juli 2020 11:33:00 WIB

PEKANBARU - Pimpinan Lembaga Nazhir Wakaf Uang Yayasan Rotte Indonesia Mulya (Rotte Foundation) H. Budi Suhari, S.Pt, didampingi oleh Commercial and Consumer Funding Unit Head BTN Syariah Irvan Hizbullah mengunjungi Sekretaris Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kota Pekanbaru Nurhayati, SE., ME.Sy, Akt. di ruang kerjanya, Senin (15/6/2020).

Kunjungan ini guna melaporkan aktivitas penghimpunan dana wakaf uang yang dilakukan yayasan selaku Nazhir Wakaf Uang bersama dengan BTN Syariah selaku Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU) serta berbagi informasi dan berdiskusi seputar wakaf, dan pengelolaan dana umat sehingga sesuai dengan fikih wakaf,  peraturan dan perundang-undangan perwakafan yang berlaku.

Rotte Foundation merupakan Yayasan Nazhir Wakaf Uang bersertifikasi BWI Pusat pertama di Kota Pekanbaru yang melakukan aktivitas fundraising wakaf uang untuk kesejahteraan umat, sosial dan filantropi melalui platform program kemanusiaan, kesehatan, ekonomi, pendidikan dan dakwah.

"Seperti halnya di platform pendidikan, melalui Rotte Peduli Pendidikan tengah dirintis pondok pesantren AUFIA Global Islamic Boarding School (AUFIAGibs) yang berlokasi di Minas Jaya. Begitu juga di bidang yang lain. Untuk Rotte Peduli Kesehatan, Rotte menggulirkan program dengan penyediaan Ambulans Rotte Siaga dan Rumah Singgah Rotte. Di program Rotte Peduli Ekonomi ada pemberdayaan dengan pembinaan dan pendampingan disertai dengan bantuan modal usaha dengan skema bantuan qordhul hasan untuk UMKM," tutur Budi.

Terkait perkembangan Rotte Foundation, Budi menjelaskan, kian menggembirakan sejak pertama kali berdiri 2018 silam.

"Hal itu tak lepas dari kepercayaan masyarakat terhadap Rotte Foundation yang begitu besar. Apalagi terobosan-terobosan terkait program-program bantuannya cukup banyak serta pengelolaannya yang dilakukan secara profesional," urai Budi.

Lebih jauh, ia menegaskan, Rotte Foundation bertekad menjadi lembaga kelas dunia yang terpercaya untuk terwujudnya pemberdayaan umat secara inklusif, melalui sistem pemberdayaan berbasis kesejahteraan yang berkeadilan

"Dengan hadirnya lembaga pengelola dana umat ini, akan membawa dampak pada umat. Seperti, menolong ekonomi mereka yang lemah, penurunan angka kemiskinan dan mengurangi kesenjangan sosial di tengah masyarakat,” harap pria berkacamata ini.

Diskusi ini  juga membahas prihal bagaimana penerapan laporan Pernyataan Standar Akutansi Keuangan (PSAK) Nomor 112 tentang Wakaf sehingga bisa menjadi rujukan baku bagi setiap lembaga nazhir wakaf yang mengelola wakaf uang di Indonesia.

Ditambahkan, diskusi sekaligus mewacanakan bakal mengadakan kegiatan workshop penerapan PSAK 112 bagi lembaga pengelola nazhir wakaf uang di Pekanbaru.

Scroll to top