Pemateri di Kick Off Digital Ambassador, Budi Imbau GenBI Riau Pahami Literasi Wakaf


Pemateri di Kick Off Digital Ambassador, pimpinan Rotte Foundation H. Budi Suhari, S. Pt mengimbau GenBI Riau memahami literasi wakaf.
Senin 01 Agustus 2022 10:47:12 WIB

Pimpinan Universal Wakaf (Rotte Foundation) H. Budi Suhari, S.Pt dalam kapasitasnya sebagai pengurus Badan Wakaf Indonesia Provinsi Riau menjadi narasumber pada gerakan kampanye wakaf menggunakan digital pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) bersama Bank Indonesia Perwakilan Riau, Senin (27/6/2022).

Iven yang dikemas dalam "Kick Off Lomba GenBI Digital Ambassador" ini dimulai pukul 10.000 WIB hingga selesai, bertempat di Ruang Serbaguna Bank Indonesia Gedung A Lantai 3, Jalan Sudirman No. 64, Pekanbaru.

Dalam kesempatan tersebut, Muhammad Nur selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau membuka sekaligus memberi sambutan dalam acara tersebut.

Pada sambutannya, beliau menuturkan, sebagai lembaga negara Bank Indonesia memiliki tujuan yaitu mencapai dan menjaga kestabilan nilai rupiah. Dengan itu, Bank Indonesia mengajak masyarakat Indonesia turut mengikuti kampanye "Cinta, Bangga, Paham Rupiah."

"Mari kita semua tunjukkan cinta, bangga dan paham dengan rupiah. Cinta rupiah merupakan perwujudan dari kemampuan masyarakat untuk mengenal karakteristik dan desain rupiah. Selain itu, cinta rupiah juga memperlakukan rupiah secara tepat, dan menjaganya dari kejahatan uang palsu. Dan, bangga rupiah merupakan perwujudan dari kemampuan masyarakat memahami rupiah sebagai alat pembayaran yang sah, simbul kedaulatan NKRI dan alat pemersatu bangsa," tuturnya.

Nur menambahkan, adapun paham rupiah, merupakan perwujudan kemampuan masyarakat memahami peran rupiah dalam peredaran uang, stabilitas ekonomi dan fungsinya sebagai alat penyimpan nilai. "Termasuk di dalamnya bijak menggunakan rupiah, artinya kalau berbelanja itu apa yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan," imbaunya.

Di tempat sama, Budi Suhari menyampaikan literasi tentang wakaf masih minim di tengah masyarakat. Maka, sosialisasi wakaf seperti melalui Katalog Wakaf Riau tentunya akan menambah literasi masyarakat terhadap apa dan bagaimana dunia perwakafan sesungguhnya.


Budi berharap, agar peserta lomba dalam hal ini GenBi Riau memahami knowledge literasi tentang wakaf memadai, sebelum turun ke masyarakat untuk mensosialisasikan wakaf menggunakan digital QRIS.

Dengan adanya lomba ini, diharapkan GenBi Riau dapat terlibat secara langsung, berperan aktif dan menjadi kepanjangan tangan Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Riau guna mendorong digitalisasi serta peningkatan literasi masyarakat di Provinsi Riau mengenai QRIS, Wakaf Digital dan Cinta, Bangga, Paham Rupiah.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh GenBi dari seluruh mahasiswa universitas penerima beasiswa Bank Indonesia secara langsung maupun virtual.

Scroll to top